Senin, 11 April 2011

PRANA ATAU CHI

Assalamualaikum...
Bismillahirrahirrahmanirrahim,

Prana atau chi merupakan energi vital atau tenaga hidup yang mempertahankan kehidupan dan kesehatan tubuh. Dalam bahasa Yunani disebut pneuma, dalam bahasa Polinesia disebut mana, dalam bahasa Yahudi disebut ruah dan dalam bahasa Cina disebut Chi.

Pada dasarnya terdapat tiga sumber utama prana; prana matahari, prana udara dan prana bumi.

1. Prana matahari
Prana Matahari adalah prana yang berasal dari matahari. Prana ini memperkuat seluruh tubuh. Prana matahari dapat diserap dengan berjemur di bawah sinar matahari atau dengan minum air yang telah disinari oleh sinar matahari. Akan tetapi penyinaran yang terlalu lama akan membahayakan tubuh fisik maupun tubuh bioplasmik (tubuh eterik) karena sifatnya yang amat kuat.

2. Prana udara atau butir-butir vitalitas udara.
Prana udara diserap paru-paru melaui proses pernafasan dan juga diserap secara langsung oleh pusat energi tubuh bioplasmik (chakra-chakra pada tubuh eterik). Prana udara dapat lebih banyak diserap dengan pernapasan berirama yang lambat dan dalam. Prana jenis ini yang dikumpulkan dan dipadatkan di daerah bawah pusar, biasa disebut sebagai tenaga dalam atau Chi sintetik. Untuk orang yang telah mahir dapat menyerap prana udara melalui pori-pori kulit (pernafasan pori-pori).

3. Prana bumi atau butit-butir vitalitas bumi.
Prana ini diserap melalui telapak kaki. Hal in dilakukan secara otomatis dan secara tidak disadari. Berjalan kaki tanpa alas kaki akan meningkatkan jumlah prana bumi yang diserap tubuh. Orang dapat belajar untuk secara sadar menyerap lebih banyak prana bumi (teknik pembumian/grounding) untuk meningkatkan vitalitasnya, kapasitas untuk bekerja lebih banyak dan kemampuan untuk berpikir lebih jernih.

Butir-butir vitalitas diserap oleh chakra-chakra di mana mereka dicernakan dan dipecah-pecah kedalam unsur-unsurnya. Sejumlah besar prana udara diserap secara langsung oleh chakra limpa depan dan belakang. Prana udara tersebuut dipecah-pecah dalam beraneka prana berwarna dan dibagi-bagikan ke chakra-chakra lainya.

Prana bumi diserap lewat chakra telapak kaki dan kemudian disalurkan ke chakra dasar. Sebagian prana bumi diarahkan ke tulang punggung dan chakra-chakra lain sementara suatu porsi yang lebih besar diarahkan ke chakra minor di selangkangan, ke chakra pusar, lalu ke chakra limpa di mana prana tersebut dipecah-pecah dan disalurkan ke chakra-chakra lain.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar